Mengenal Fungsi Lain Dari Headrest Mobil Yang Jarang Orang Ketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Keberadaan headrest atau head restrain pada jok mobil kadang luput dari perhatian. Hal tersebut biasanya karena tidak mengetahui fungsi lain dari headrest.

Headrest sendiri memiliki beberapa fungsi yang jarang orang ketahui. Hal tersebut membuat komponen satu ini dianggap sepele.

Oleh sebab itu berikut fungsi Headrest saat di mobil yakni:

Baca Juga:  Cinta Inovasi Anak Negeri, Dedi Mulyadi Disuntik Vaksin Nusantara

Pertama. Menahan kepala saat kecelakaan – Setiap pengendara tak akan bisa lepas dari risiko kecelakaan lalu lintas. Namun, Anda masih bisa mengurangi dampak dari peristiwa tersebut dengan mengandalkan headrest.

Mengapa? Headrest akan menahan kepala Anda yang terayun keras akibat benturan, sehingga dapat dikembalikan ke posisi semula. Sementara kalau jok tak dilengkapi headrest, risiko Anda mengalami cedera tulang hingga kematian akibat kecelakaan akan jauh lebih besar.

Baca Juga:  HUT Ke-73 RI, Iriawan Amanatkan Kondusifitas

Kedua. Alat bantu darurat – Lebih dari sekadar penahan kepala, headrest dapat Anda jadikan sebagai alat bantu saat menghadapi situasi darurat.

Sebagai contoh, ketika Anda mengalami kecelakaan, kebakaran, maupun tenggelam, besi pada headrest dapat digunakan untuk memecahkan kaca jendela mobil.

Baca Juga:  Menaker Izinkan Pengusaha Potong Gaji Karyawan hingga 25 Persen, Ini Aturannya

Sebagian besar produsen sudah memudahkan pelepasannya dengan menyediakan sebuah tombol kecil yang berada di sekitar pangkal headrest.

Ketiga. Tempat untuk fitur hiburan – Fungsi terakhir headrest adalah untuk menempatkan fitur hiburan seperti televisi kecil atau layar sentuh untuk bermain.

Fitur-fitur tersebut biasanya diletakkan di bagian belakang headrest untuk memudahkan penumpang mengaksesnya. (Red)