Sein Farm di Ujung Berung Jadi Pusat Pengembangan Sorgum Indonesia

Sein  Farm di Ujung Berung Jadi Pusat Pengembangan Sorgum Indonesia
Sam Farm di Ujung Berung Bandung resmi jadi pusat pengembangan tanaman pangan Sorgum di Indonesia

 

JABARNEWS | BANDUNG _ Sein Farm di Ujungberung, Bandung, resmi menjadi pusat pengembangan sorgum di Indonesia.

Sorgum, tanaman asal Afrika, bermanfaat sebagai pakan ternak, bahan dasar biodiesel, dan bahan pangan.

Penetapan Sein Farm ini pada acara Permata Bandung Festival, Selasa 28 Mei 2024, yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan lokal.

Gin Gin Ginanjar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, menyatakan bahwa memilih Sein Farm sebagai pusat sorgum adalah langkah strategis untuk memaksimalkan potensi sorgum yang multifungsi.

“Sorgum memiliki masa depan cerah sebagai sumber pakan ternak dan makanan manusia. Melalui pengembangan di Sein Farm, kami berharap manfaat sorgum bisa maksimal bagi masyarakat,” ujar Gin Gin.

Baca Juga:  KH Abun Bunyamin Pimpin Doa bersama Untuk Sulawesi Tengah

Sein Farm akan fokus pada budidaya sorgum dengan metode yang efektif dan ramah lingkungan.

“Kami akan mengembangkan berbagai varietas sorgum yang cocok untuk kondisi iklim dan tanah di Kota Bandung,” tambah Gin Gin.

Bahan Pangan dan Pakan Ternak

Selain berguna untuk bahan pangan manusia, Sorgum juga daoat menjadi bahan pakan ternak.

“Pengolahan Sorgum bisa menjadi tepung, roti, dan makanan ringan. Ini akan meningkatkan nilai tambah dan versifikasi produk pertanian,” jelas Gin Gin.

Baca Juga:  Seorang Pria di Cianjur Cabuli Anak di Bawah Umur, Korban Sempat Takut Lapor Karena Diancam

Sein Farm akan berfungsi sebagai pusat penelitian dan pengembangan sorgum.

“Kami bersama Universitas Pasundan dan lembaga penelitian lainnya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas sorgum,” ungkap Gin Gin.

BRI dan Unpas mendukung pengembangan Sein Farm. Ferdian Handoko dari BRI menyatakan, “Alhamdulillah, kami diberi kesempatan untuk menyerahkan CSR bantuan agrowisata. Kami berharap kawasan ini memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar dan Kota Bandung.”

Eddy Jusup, Direktur Pascasarjana Unpas, berharap Sein Farm bisa menjadi model sukses dalam pengembangan sorgum.

Baca Juga:  Wujudkan Paskah Aman, Polres Purwakarta Lakukan Ini

“Dengan kebersamaan dan kolaborasi, kami berharap Sein Farm bisa menjadi pusat edukasi pertanian dan budaya yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Eddy.

Eddy menambahkan bahwa penetapan Sein Farm sebagai pusat pengembangan sorgum di Indonesia adalah langkah penting untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.

“Dengan berbagai program yang telah direncanakan, kami berharap Sein Farm bisa menjadi contoh sukses pengembangan tanaman sorgum yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkasnya.(red)