PLN Rampungkan Pembangunan GITET 500 kV Ampel New, Sistem Kelistrikan Jawa Tengah Makin Kuat

Sistem Kelistrikan
Pembangunan GITET 500 kV Ampel New/Boyolali. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) berhasil merampungkan pembangunan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kilo Volt (kV) Ampel New/Boyolali Diameter 3 dan 4.

Penyelesaian ini ditandai dengan keberhasilan pelaksanaan pemberian tegangan pertama (energize) pada 27 Juli 2024.

Plh General Manager Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah, Senior Manager Pertanahan, Perizinan dan Komunikasi, Achmad Ismail menjelaskan pembangunan GITET 500 kV Ampel New/Boyolali bertujuan untuk semakin menguatkan sistem kelistrikan di Jawa Tengah melalui pendistribusian beban listrik yang lebih meluas. Upaya tersebut dilakukan karena pertumbuhan konsumsi listrik khususnya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga:  Lewat Ini, PLN UIP JBT Komitmen Jaga Kondisi Sosial dan Lingkungan

“Seiring pertumbuhan penggunaan listrik oleh konsumen, PLN senantiasa berupaya untuk terus menguatkan sistem kelistrikan dengan meningkatkan fleksibilitas operasi khususnya di Jawa Tengah dan DIY. Hadirnya GITET Ampel New / Boyolali ini akan membantu mengurangi pembebanan pada GITET lainnya yang berada di sekitar Jawa Tengah,” kata Ismail dalam keterangan yang diterima, Senin (29/7/2024).

Baca Juga:  Pemprov Jabar Akan Bangun dan Revitalisasi Sejumlah Proyek Infrastruktur di Depok

Ismail melanjutkan, penyelesaian GITET 500 kV Ampel New / Boyolali ini menjadi wujud keseriusan PLN dalam menghadapi era transisi energi. Era ini menjadikan konsumsi listrik terus meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga:  Panasnya Debat ke 4 Capres