PLTB Kaktus, Inovasi Energi Terbarukan dari Unika Atma Jaya

PLTB Kaktus, Inovasi Energi Terbarukan dari Unika Atma Jaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim
PLTB Kaktus, Inovasi Energi Terbarukan dari Unika Atma Jaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim

JABARNEWS | JAKARTA – Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma jaya mengembangkan inovasi terbaru dalam bidang energi terbarukan, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dengan desain unik berbentuk kaktus. Inovasi ini merupakan wujud komitmen Unika Atma Jaya dalam mendukung keberlanjutan dan mengurangi dampak perubahan iklim.

PLTB kaktus ini adalah hasil penelitian dari dosen Fakultas Teknik, Unika Atma Jaya, Ir. Tajuddin Nur, MT, Ph.D., yang dirancang khusus untuk memaksimalkan pemanfaatan energi angin, terutama di daerah dengan kecepatan angin yang tidak stabil.

Baca Juga:  Ngeri! Sri Mulyani Sebut Perubahan Iklim Sebabkan Ancaman yang Lebih Besar daripada Covid-19

Dengan bentuk yang menyerupai kaktus, PLTB ini dilengkapi dengan 3 set turbin dan generator magnet permanen, sehingga dapat menangkap angin dari berbagai arah.

Baca Juga:  Renjana Untuk Para Penikmat Kopi

Selain itu, penggunaan material tertentu pada baling-baling turbin juga bisa meningkatkan efisiensi konversi energi angin menjadi listrik.

“Menimbang kondisi topografi di Unika Atma Jaya, Kampus BSD, maka pembangunan PLTB dapat menjadi pilihan yang tepat. Kampus BSD Unika Atma Jaya berada pada lokasi yang strategis, diapit oleh dataran tinggi dan rendah sehingga menciptakan kondisi ideal untuk pemanfaatan angin secara konsisten. Dengan inovasi ini, diharapkan PLTB dapat memenuhi kebutuhan listrik dalam lingkungan kampus dan memberikan kontribusi positif bagi penyediaan energi di daerah sekitarnya”, ujar Tajuddin, dikutip dari JPNN, Minggu (11/8/2024).

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Pengelolaan Energi Terbarukan Harus Berprinsip Keadilan