Barnas Adjidin Minta Bangunan di Jalur Sesar Garsela Harus Kokoh

Barnas Adjidin
Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | GARUT – Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin mengatakan bahwa bangunan rumah yang berada di jalur gempa bumi Sesar Garsela harus kokoh.

Sebelumnya, Barnas bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut dan dinas terkait meninjau langsung kondisi bangunan rumah warga dan fasilitas umum lainnya yang rusak akibat gempa bumi di Desa Barusari.

Baca Juga:  Jalur Mudik di Wilayah Kabupaten Garut Aman Terkendali

Daerah itu, lanjut dia, dilaporkan terdapat rumah warga yang rusak karena berada di kawasan yang selama ini episentrum dari jalur gempa bumi Sesar Garsela, sehingga masyarakat setempat harus melakukan langkah mitigasi bencana untuk mengurangi risiko bencana.

Baca Juga:  Simalungun Diguncang Gempa Bumi, Tidak Dirasakan Masyarakat

“Masyarakat yang akan membangun rumah itu harus dengan struktur yang benar dulu, saya lihat tadi banyak yang tidak pakai besi, dan itu mudah roboh,” kata Barnas setelah meninjau rumah warga yang rusak akibat guncangan gempa bermagitudo 5.0 di Desa Barusari, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Rabu (18/9/2024) malam.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Kurangi Mobilitas Untuk Mencegah Penularan Covid-19

Dia meminta, masyarakat yang tinggal di daerah rawan gempa bumi itu tidak hanya memperhatikan struktur bangunan rumah, tetapi juga tidak mendirikan bangunan rumah di lereng yang berisiko besar terdampak gempa bumi.