Soroti Dukungan Pemkab Cianjur untuk Seni Ketangkasan Domba, Mang Govar Sampaikan Ini

Mang Govar, panitia penyelenggara seni ketangkasan domba yang juga anggota DPRD Kabupaten Cianjur dari Fraksi PKB (Foto: Mamat Mulyadi/Jabarnews)
Mang Govar, panitia penyelenggara seni ketangkasan domba yang juga anggota DPRD Kabupaten Cianjur dari Fraksi PKB (Foto: Mamat Mulyadi/Jabarnews)

JABARNEWS | CIANJUR – Anggota DPRD Kabupaten Cianjur dari Fraksi PKB, Hendra Gunawan yang akrab disapa Mang Govar menyoroti pentingnya peran Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur (Pemkab Cianjur) dalam mendukung kegiatan budaya seperti seni ketangkasan domba.

Mang Govar berharap Pemkab Cianjur dapat memberikan perhatian lebih terhadap kegiatan ini. Menurutnya, perlu ada fasilitas dan wadah yang mendukung seni ketangkasan domba secara lokal, baik untuk kontes ternak maupun seni ketangkasan itu sendiri.

Baca Juga:  Marak Peredaran Uang Palsu, Warga dan Pedagang di Cianjur Resah

“Bisa kontes ternak ratu bibit, ketangkasan, bisa juga raja petet untuk wilayah Cianjur,” katanya saat ditemui dalam acara seni ketangkasan domba di Lapang Yonif Raider 300/BJW, Desa Sukataris, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (21/9/2024).

Baca Juga:  Gardu Iduk Sukaluyu Rampung, Industri Cianjur Bakal Semakin Berkembang

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa penyelenggaraan kontes ternak bisa memberikan dampak ekonomi yang positif bagi peternak lokal Cianjur. Perputaran uang di daerah akan meningkat seiring dengan penyelenggaraan acara seperti ini.

Baca Juga:  Sepekan Operasi Zebra Lodaya Di Majalengka, 1.354 Pelanggaran Ditilang

Menurutnya, seni ketangkasan domba bukan hanya sekedar hiburan, namun juga tradisi yang memerlukan keterampilan dan strategi.