Generasi Muda Berani Lawan Hoaks? Ikuti Youth Verification Challenge 2024!

Ilustrasi generasi muda lawan hoaks dengan pemeriksaan fakta (Foto: Abdul Rauf/Hilal.gov.pk)
Ilustrasi generasi muda lawan hoaks dengan pemeriksaan fakta (Foto: Abdul Rauf/Hilal.gov.pk)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kembali menggelar Youth Verification Challenge 2024, kompetisi tahunan yang memasuki tahun keempatnya di Indonesia. Didukung oleh Google News Initiative, ajang ini bertujuan memberdayakan generasi muda berusia 15-24 tahun dalam memerangi gangguan informasi atau hoaks dan mengasah kemampuan pemeriksaan fakta yang sangat diperlukan di era digital saat ini.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, Herman Suherman Ajak Mahasiswa di Cianjur Bijak Sikapi Medsos

Youth Verification Challenge merupakan wadah bagi kaum muda untuk berkontribusi langsung dalam menjaga kebersihan ruang digital dari hoaks.

Kompetisi ini terbuka bagi generasi muda yang berusia antara 15 hingga 24 tahun, yang memiliki minat tinggi untuk menguasai kemampuan pemeriksaan fakta dan memperluas jaringan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 16 Mei 2022, Pemilik Rasi Bintang Libra, Scorpio dan Sagitarius

Selama kompetisi, peserta akan berlomba dalam tim yang terdiri dari dua hingga tiga orang untuk menyelesaikan berbagai tantangan terkait dengan pemeriksaan fakta.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Youth Verification Challenge 2024 hadir dengan format baru yang lebih menantang.

Baca Juga:  Cegah Kenakalan Remaja, Polisi di Purwakarta Intensifkan Kunjungan Ke Sekolah

Dikutip dari laman resmi AJI, Minggu (22/9/2024), kompetisi tahun ini mengusung format yang lebih menantang dengan menggelar sesi live battle sebanyak tiga kali, masing-masing pada tanggal 11, 18, dan 25 Oktober 2024.