Wahyu Mijaya Jamin Netralitas ASN dan Kades di Pilkada Cirebon 2024

Wahyu Mijaya
Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Wahyu Mijaya. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | CIREBON – Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Wahyu Mijaya mengatakan bahwa pihaknya menjamin Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun para kades agar tetap netral serta tidak memihak pada bakal pasangan calon (bapaslon) pada Pilkada 2024.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat, mengumpulkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) serta para kades untuk menandatangani pakta integritas guna menjamin netralitas selama pelaksanaan Pilkada 2024.

Baca Juga:  KPU Garut Buka Pendaftaran Calon Bupati dari Jalur Perseorangan di Pilkada 2024

“Dengan pakta integritas ini, seluruh ASN maupun kades di Kabupaten Cirebon berkomitmen menegakkan netralitas. Meskipun memiliki hak pilih sebagai warga sipil, tetapi kami berusaha agar pesta demokrasi ini berlangsung secara jujur, adil dan bersih,” kata Wahyu di Cirebon, Sabtu (21/9/2024).

Baca Juga:  Bukan Seruan Politik Biasa, Pegiat Literasi di Desa Titip Ini ke Calon Bupati Purwakarta

Dia menjelaskan, para ASN dan kades juga sudah diingatkan untuk tidak terlibat dalam politik praktis, demi menjaga ketertiban serta kondusifitas di lingkungan masyarakat.

Baca Juga:  Duh! Sampah di Sungai Cimulu Tasikmalaya Menumpuk, Capai Dua Ton per Hari

Pilkada di Kabupaten Cirebon, lanjut Wahyu, bisa memicu gesekan panas di tengah masyarakat yang nantinya dapat menimbulkan gangguan ketertiban. Sehingga ASN dan kades perlu bersikap netral demi menjaga situasi tetap kondusif.