Bey Machmudin Ajak BPN Ikut Edukasi Mitigasi Bencana kepada Masyarakat

Bey Machmudin
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jawa Barat di halaman depan Gedung Sate Bandung, Selasa (24/9/2024). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Penjabat Gubernur Bey Machmudin mengajak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Barat ikut mengedukasi masyarakat tentang penggunaan lahan yang tepat agar terhindar dari bencana.

Menurutnya, penggunaan lahan yang tepat bagian dari mitigasi bencana. Bey mengingatkan, Jabar merupakan daerah rawan bencana seperti banjir dan longsor, yang salah satunya disebabkan oleh praktik penggunaan lahan yang tidak tepat.

Baca Juga:  Herman Suherman Minta Warga di Cianjur Waspadai Potensi Bencana Alam

Bencana kerap terjadi karena tata ruang lahan tidak sesuai peruntukkan. Seperti, lahan perbukitan dipakai untuk permukiman, industri, atau dipakai pertanian dengan teknik pengolahan tanah yang salah, sehingga longsor semakin rawan.

Baca Juga:  Prajurit TNI Dengar Curhatan dari Seorang Lansia

“Jabar daerah rawan bencana, mohon agar diingatkan masyarakat tentang mitigasi bencana,” ujar Bey Machmudin saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) di halaman Gedung Sate Bandung, Selasa (24/9/2024).

Baca Juga:  Dukung Kesejahteraan Prajurit, BJB Sosialisasikan Program Ini di Jombang

Menurut Bey, petugas BPN yang mobile memiliki kemungkinan tinggi berinteraksi dengan masyarakat sampai ke desa – desa. Baik itu dalam pencatatan, pemetaan, pengukuran, maupun program redistribusi tanah yang jadi tupoksi BPN.