BPBD Bandung Imbau Pengungsi Gempa Agar Kembali ke Rumah Masing-masing

Bey Machmudin
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau wilayah terdampak gempa cukup parah yaitu Desa Cibeureum dan Desa Cikembang, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2024). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mengimbau para pengungsi gempa bumi untuk mulai kembali ke rumah masing-masing.

Kepala Pelaksana BPBD Bandung Uka Suska Puji Utama mengatakan bahwa imbauan tersebut menyusul berkurangnya intensitas gempa dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga:  Tenteng Pistol dan Palak Warga di Pasar Rancamanyar Bandung, Bang Jago Diringkus Polisi

Menurut dia, apabila rumahnya mengalami rusak berat, tentunya bisa menginap untuk sementara waktu di rumah kerabatnya yang dinilai layak huni dan aman untuk ditempati.

Baca Juga:  Akui Pergaulan Bebas Jadi Penyebab Pernikahan Anak, Atalia Praratya: Harus Didekatkan Kepada Agama

“Tentunya dengan memperhatikan dan memastikan struktur kondisi rumahnya aman untuk ditempati. Jika masih bertahan di tenda pengungsian, tentunya akan berpengaruh pada kesehatan,” kata Uka di Bandung, Senin (30/9/2024).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut 50-70 Persen Penghuni Lapas di Jabar Berasal dari Kasus Narkoba

Dia menekankan pentingnya memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman sebelum benar-benar ditempati kembali. Warga diharapkan untuk memeriksa struktur bangunan, terutama dinding, atap, dan fondasi, guna menghindari risiko jika terjadi gempa susulan yang berskala kecil.