Soal Pembangunan BIUTR di Kota Bandung, Koswara Jelaskan Hal Ini

Koswara
Penjabat Wali Kota Bandung A. Koswara. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Kementerian PUPR dan Pemprov Jabar menggelar Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Rencana Pengusahaan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR), Selasa 8 Oktober 2024.

Rapat ini membahas sejumlah hal teknis dalam pengusahaan hadirnya BIUTR, yang diyakini menjadi salah satu solusi kemacetan di wilayah Kota Bandung.

Baca Juga:  Ema Sumarna: Kepala Dinas Wajib dan Harus Turun ke Lapangan !

Penjabat Wali Kota Bandung A. Koswara menyebut rapat tindak lanjut ini bertujuan merumuskan kembali pengusahaan BIUTR. Ada pun pembangunan BIUTR kini telah masuk menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga:  Minibus Tabrak Pembatas Jalan Tol Serdang Bedagai, Tiga Penumpang Alami Luka

Sejumlah aspek teknis dibahas, mulai dari kondisi eksisting saat ini dengan awal BIUTR diinisiasi, dan pembaruan kewenangan di masing-masing pihak setelah BIUTR menjadi PSN.

“Kita lakukan koordinasi di Kota Bandung sebagai daerah yang terdampak PSN. Secara kebijakan tata ruang dan APBD, kita harus memberi dukungan agar proyek ini lancar,” ujar Koswara.

Baca Juga:  Ada Kendala, Pemkot Bandung Sediakan Layanan Call Center 24 Jam

Ia juga menggarisbawahi hal yang perlu diantisipasi dalam rangkaian pembangunan BIUTR berlangsung. Mulai dampak dari BIUTR bersifat infrastruktur maupun sistem lainnya, seperti angkutan umum.