Herman Suryatman: Ritase Sampah Kota Bandung ke TPPAS Sarimukti Sepakat Dikurangi

Sekda Jabar Herman Suryatman saat rakor dengan jajaran Pemda Kota Bandung membahas pengurangan ritase pengiriman sampah ke TPPAS Sarimukti di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Rabu (9/10/2024). (Foto: Dokpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekda Jabar Herman Suryatman mengatakan Pemda Kota Bandung sudah menyanggupi mengurangi ritase pengiriman sampah ke TPPAS Sarimukti.

Biasanya Kota Bandung mengirim truk sampah sampai 170 rit per hari dengan volume per ritase 7 ton. Pemda Kota Bandung sudah menyanggupi mengurangi menjadi 140 rit per hari.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Lantik Kepala BP Cekban dan BP Rebana, Ini Tugasnya

“Kami dengan Pemda Kota Bandung sudah sepakat dari 170 rit per hari dikurangi menjadi 140 rit per hari. Artinya ada 30 rit yang harus dikurangi, harus dibagi habis di 30 kecamatan dan 151 kelurahan di Kota Bandung,” ujar Herman Suryatman usai rapat penanganan sampah di Pendopo Kota Bandung, Rabu (9/10/2024) malam.

Baca Juga:  Pasca Libur Lebaran, Sampah Jadi Masalah Serius di Pantai Pangandaran

Rapat tersebut dihadiri Penjabat Wali Kota Bandung A. Koswara, perangkat daerah terkait, serta 30 camat serta 151 lurah se – Kota Bandung.

Baca Juga:  Jabar dan Sumbar Jalin Kerja Sama di Sektor Pariwisata dan UMKM

Herman mengatakan, penanganan sampah Kota Bandung kini menjadi prioritas karena menjadi penyumbang sampah Bandung Raya terbanyak ke TPPAS Sarimukti. Apabila tidak dikurangi berpotensi terjadi “ledakan sampah” di TPPAS Sarimukti. “Itu tak boleh terjadi, harus ada pengurangan,” tegas Herman.