Haru Suandharu Ungkap Solusi Permasalahan Sampah di Kota Bandung

Haru Suandharu
Calon Wali Kota (Cawalkot) Bandung Haru Suandharu. (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Calon Wali Kota (Cawalkot) Bandung Haru Suandharu menyoroti permasalahan sampah di Bandung Raya yang saat ini dalam keadaan kritis.

Haru mengatakan bahwa permasalahan sampah di Kota Bandung sendiri bisa diselesaikan dengan kawasan bebas sampah dan pengelolaan yang baik.

Baca Juga:  Enam Penjabat Kepala Daerah Telah Ditetapkan, Bey Machmudin: Dilantik 20 September 2023

Menurut Haru, saat ini sudah ada 383 RW yang sudah jadi kawasan bebas sampah. Oleh karena itu, dia berharap sebagian besar RW bia menjadi kawasan lembah sampah.

“Artinya ada partisipasi dari masyarakat, ada juga peran pemerintah yang dimainkan gitu kan. Dari mulai institusi, regulasi, anggaran, kemudian teknologi. Itu semuanya dioptimalkan karena kita gak bisa terus-terusan open dumping gitu. Pasti akhirnya akan overload juga gitu ‘kan,” kata Haru usai kegiatan media gathering di Kota Bandung, Jumat (11/10/2024).

Baca Juga:  65 Polisi Terluka saat Amankan Aksi Demo Mahasiswa

Dia menjelaskan, pengolahan sampah yang baik adalah dilakukan di tingkat RT dan RW. “Walaupun legok nangka sudah jadi sekalipun, kita konsepnya kumpul angkut buang, ya legok nangka juga akan panjang umurnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Dijerat Pasal Kelalaian, Sopir Elf Kecelakaan Maut di Karawang Terancam Enam Tahun Penjara