Herman Suryatman Tekankan Pengelolaan Sampah di Hulu dengan Ragam Teknologi

Sekda Jabar
Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman dalam rapat koordinasi bersama Satgas Citarum Harum di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (10/10/2024). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman menekankan pentingnya pengelolaan sampah mulai dari hulu dalam upaya mendukung program Citarum Harum.

“Kami baru saja melakukan konsolidasi dengan Satgas Citarum Harum untuk menyamakan persepsi. Gerakan yang sedang kami lakukan saat ini adalah pengelolaan sampah yang bijak, mulai dari mengurangi, memanfaatkan, hingga mendaur ulang sampah,” kata Herman dalam keterangan yang diterima, Sabtu (12/10/2024).

Baca Juga:  Polsek Campaka Cianjur Bubarkan Kerumunan Turnamen Sepakbola

Terkait pengelolaan sampah sejak dari hulu, Herman menekankan pentingnya penerapan konsep zero food waste di tingkat rumah tangga. Caranya dengan memanfaatkan teknologi tepat guna pengolahan sampah. Misalnya dengan insinerasi, komposting, ataupun teknik pemrosesan lainnya.

Baca Juga:  Tumpukan Sampah Masih Jadi Masalah Serius di Karawang, Ini Kata Bupati Aep Syaepuloh

Herman menegaskan bahwa pengelolaan sampah harus dilakukan dengan bijaksana, dan yang sangat harus dihindari yakni membuang sampah atau limbah apapun ke sungai.

Baca Juga:  Perlintasan Kereta Api Lokasi Kecelakaan Odong-odong di Serang Ditutup Kemenhub

“Banyak teknologi (pengelolaan sampah), sehingga nanti sampah yang dikirim ke TPPAS Sarimukti bisa minimal, sungai Citarum bersih, hingga akhirnya tidak terjadi ledakan sampah di Bandung Raya, pasti bisa!” ucapnya.