Sudah Rampung Sejak Mei 2024, Flyover Ciroyom Baru Siap Beroperasi Akhir Oktober Ini

Pembangunan Flyover Ciroyom
Pembangunan Flyover Ciroyom. (foto: istimewa)

JABARNEWS BANDUNG – Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung akhirnya memberikan keterangan terkait rencana pengoperasian Flyover Ciroyom, Kota Bandung. Diketahui, Flyover Ciroyom hingga kini masih belum difungsikan meski pembangunannya selesai sejak awal Mei 2024.

Flyover Ciroyom ini diharapkan menjadi solusi untuk mengurai kepadatan lalu lintas di kawasan Ciroyom, yang selama ini dikenal sebagai salah satu titik macet di Kota Bandung.

Baca Juga:  Tim SAR Temukan Jasad Balita yang Terseret Arus Sejauh 1,5 Kilometer

Kepala BTP Bandung, Endang Setiawan, mengungkapkan bahwa Flyover Ciroyom tersebut ditargetkan bisa digunakan pada akhir Oktober 2024. “Kami harap semua proses dapat tuntas sehingga flyover ini bisa resmi beroperasi di akhir bulan ini,” ujar Endang, Rabu (16/10/2024).

Baca Juga:  HOAKS!!! Cicalengka Bandung Disebut Darurat Kejahatan Usai Rawan Aksi Begal

Meski infrastruktur ini sudah rampung berbulan-bulan lalu, terdapat sejumlah kendala teknis dan administratif yang menghambat operasionalnya. Flyover Ciroyom merupakan proyek yang dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Baca Juga:  Peningkatan Kendaraan Terjadi di Gerbang Tol Ini Selama Malam Tahun Baru di Kota Bandung

Menurut Endang, sebelum jembatan layang ini bisa digunakan secara resmi, masih ada beberapa tahap yang harus diselesaikan, termasuk proses sertifikasi dan penyesuaian dengan regulasi.