21 Koridor BRT Akan Melayani Wilayah Bandung Raya, Kapan Mulai Beroperasi?

BRT Bandung Raya
Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya. (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan bahwa proyek Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya akan mulai beroperasi pada 2027.

Plh Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Ade Afriandi, mengungkapkan bahwa tahapan awal proyek BRT ini berupa sosialisasi dan penerapan kebijakan akan dimulai pada Januari 2025.

Baca Juga:  Laporan SPT Perorangan Berakhir 31 Maret 2023, Yana Mulyana Imbau ASN Pemkot Bandung Segera Lapor

“Sosialisasi di Januari 2025 lebih mengarah pada komunikasi publik, agar masyarakat paham bahwa proyek BRT mulai dikerjakan di tahun tersebut. Semua infrastruktur ditargetkan rampung dan BRT siap beroperasi pada 2027,” jelas Ade saat ditemui di Terminal Leuwipanjang, Senin (21/10/2024).

Baca Juga:  Yana Mulyana Ajak Warga Kota Bandung Nongkrong di Teras Cihampelas

Ade juga menjelaskan bahwa proses lelang konstruksi BRT akan mengikuti regulasi dari World Bank. “Karena proyek ini didukung oleh hibah dari World Bank, maka mekanisme lelang mengikuti aturan lembaga tersebut,” tambahnya.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Jumat 3 Februari 2023

BRT Bandung Raya dirancang untuk memiliki 21 koridor, mencakup Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, hingga wilayah Jatinangor di Kabupaten Sumedang.