Awas Hoaks, Gunung Tangkuban Parahu Baru Saja Erupsi

Ilustrasi berita hoaks gunung tangkuban perahu
Ilustrasi berita hoaks gunung tangkuban perahu. (foto: istimewa)

Salah satu sumber video yang identik adalah kanal YouTube Dilla Official yang memuat video berjudul “Video amatir letusan gunung Tangkuban Perahu dari bibir kawah” yang diunggah pada 29 Juli 2019.

DetikNews juga pernah melaporkan pada 31 Desember 2019 tentang dua peristiwa besar yang terjadi sepanjang 2019 di Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, salah satunya adalah erupsi Gunung Tangkuban Parahu pada 26 Juli 2019.

Baca Juga:  HOAKS! Prabowo Tolak Bersalaman dengan Anies Gara-gara Kalah di Debat Capres

Sebelumnya, turnbackhoax.id juga telah mempublikasikan artikel pada 11 Desember 2023 yang mengonfirmasi bahwa video yang tersebar tersebut adalah rekaman lama dari erupsi yang terjadi pada Juli 2019.

Baca Juga:  Gandeng Mahasiswa KKN STIES Indonesia, KAMMI Purwakarta Lakukan Gerakan Wakaf Quran

Oleh karena itu, kabar tentang erupsi baru di Gunung Tangkuban Parahu ini adalah daur ulang dari informasi yang sudah diklarifikasi.

Informasi yang beredar ini termasuk dalam kategori “Konten yang Menyesatkan” karena memutarbalikkan fakta dengan menggunakan video lama untuk menggambarkan kejadian yang seolah-olah baru terjadi.

Baca Juga:  Heboh Artis hingga Pengusaha Tak Mau Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Ini Faktanya

Bagi masyarakat, penting untuk selalu memeriksa kebenaran informasi sebelum menyebarkannya, guna menghindari penyebaran misinformasi yang dapat menimbulkan kebingungan dan kepanikan. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News