Heboh Demo Salah Tangkap Pegi Setiawan dalam Kasus Pembunuhan Vina Cirebon, Ini Faktanya

Ilustrasi berita hoaks kasus pembunuhan Vina di Cirebon
Ilustrasi berita hoaks kasus pembunuhan Vina di Cirebon. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ CIREBON – Beredar kabar di media sosial mengenai demo besar-besaran di Kota Cirebon terkait kasus salah tangkap Pegi Setiawan alias Perong dalam kasus pembunuhan Vina dan Eki. Kabar ini membuat banyak orang penasaran dan waspada.

Dilansir dari laman turnbackhaox.id, sejumlah video di platform Snack Video mengklaim bahwa demo besar-besaran tersebut akan berlangsung hari ini di Cirebon. Video tersebut menunjukkan massa yang berkumpul dalam jumlah besar, memicu kekhawatiran akan potensi kerusuhan di kota tersebut.

Baca Juga:  Polisi Amankan, Pelaku Mucikari Prostitusi anak dibawah umur

Namun, setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut menggunakan Google Lens, ditemukan fakta yang berbeda. Sebuah video yang diunggah pada 1 Juni 2024 oleh akun Threads @infobandungkota menampilkan rekaman yang identik dengan video yang beredar di Snack Video.

Baca Juga:  Rektor UGM Pecat Ketua BEM Usai Kritisi Presiden Jokowi, Ini Faktanya

Penelusuran kemudian dilanjutkan ke akun TikTok @infobandungkota, di mana pada keterangan videonya disebutkan bahwa video tersebut sebenarnya merupakan detik-detik konvoi kedatangan tim sepak bola Persib Bandung di Kota Bandung.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, Bambang Tirtoyuliono Minta Warga Kota Bandung Tak Termakan Hoaks

Tim ini sedang merayakan kemenangan mereka setelah menjadi juara Liga Indonesia, atau yang dikenal dengan BRI Liga 1.