Trik Hemat Gas LPG dengan Memberi Lem pada Seal, Ini Faktanya

Ilustrasi berita hoaks cara hemat gas LPG
Ilustrasi berita hoaks cara hemat gas LPG. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Sebuah video yang diunggah oleh akun Facebook Aini Ida Frindava menjadi viral karena mengklaim dapat menghemat penggunaan gas LPG di rumah.

Dikutip dari laman turnbackhoax.id, video tersebut menunjukkan langkah-langkah yang diduga dapat mencegah kebocoran gas dan membuat gas lebih awet.

Baca Juga:  Heboh, Prabowo Akan Menikahi Ibu Mertua Kaesang Bulan Ini, Ini Faktanya

Metodenya melibatkan mencongkel seal pada tabung gas, mengikat satu helai benang jahit di tengah seal, kemudian meneteskan lem G pada ujung benang, dan akhirnya memasang kembali seal pada tabung gas.

Baca Juga:  HOAKS! KPU Persiapkan Debat dan Alat Khusus untuk Gibran Saat Debat Cawapres

Narasi dalam video tersebut menyatakan bahwa trik ini akan membuat gas anti bocor dan lebih irit. Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut menggunakan kata kunci “cara menghemat gas dengan mengelem benang jahit di seal”, ditemukan informasi yang bertolak belakang dengan klaim tersebut.

Baca Juga:  Koalisi Cek Fakta Menelisik Akar Masalah Hoaks Melalui Kegiatan FGD

Sekretaris perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan bahwa menambahkan lem pada seal atau karet segel tabung sebenarnya justru akan mempersulit penggunaan dan penggantian tabung gas. Penjelasan ini dikutip dari Kompas.com.