21 Koridor BRT Akan Melayani Wilayah Bandung Raya, Kapan Mulai Beroperasi?

BRT Bandung Raya
Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya. (Foto: Biro Adpim Jabar).

Sekitar 500 armada BRT akan melayani rute-rute strategis di wilayah tersebut, mulai dari Padalarang hingga Jatinangor, dan dari Dago hingga Soreang.

“Proyek ini melibatkan dana hibah senilai Rp1,2 triliun dari pemerintah pusat. Pembangunan infrastruktur, halte, hingga depo akan dikerjakan oleh Kemenhub dan tim Project Management Consultant (PMC) dari World Bank,” ungkap Ade.

Baca Juga:  Big Bad Wolf Book Sale Akan Hadir di Bandung

Depo BRT akan tersebar di beberapa titik strategis, seperti Padalarang, Leuwipanjang, Cicaheum, dan Jatinangor. Meski tahap awal masih menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak, penggunaan energi terbarukan seperti bus listrik juga akan dipertimbangkan ke depannya.

Baca Juga:  BMKG, Prakiraan Cuaca di Bandung Raya Jumat 17 Maret 2023

“Kami tidak akan membangun jalan baru, melainkan memanfaatkan jalan yang sudah ada di Bandung. Beberapa rekayasa lalu lintas akan diterapkan untuk mengintegrasikan jalur BRT dengan rute-rute yang ada,” tambah Ade.

Baca Juga:  Wargi Jabar Jadi Korban Pungli, Ayo Laporkan Lewat Aplikasi Siberli

Sementara itu Ketua DPRD Jawa Barat, Buky Wibawa, menyatakan dukungannya terhadap program BRT, namun mengingatkan pemerintah untuk memperhatikan dampak sosial bagi masyarakat yang terkena imbas.