Absen Cek Kesehatan, Pengamat Minta Dhani Wirianata Didiskualifikasi: KPU Harus Tegas!

Calon Wakil Wali Kota Bandung Ridwan Dhani Wirianata. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Pengamat politik dari Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyayangkan sikap Calon Wakil Wali Kota Bandung Ridwan Dhani Wirianata yang lebih memilih menghadiri Rapimnas Partai Gerindra, dibandingkan datang dalam pemeriksaan kesehatan untuk calon kepala daerah pada tes kesehatan rohani atau jiwa di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jumat (30/8/2024).

Baca Juga:  KPU Kota Bandung Minta Paslon Pilkada 2024 Daftar Tepat Waktu

Bahkan di hari kedua lagi-lagi Dhani tidak terlihat dalam pemeriksaan kesehatan jasmani, Sabtu (31/8/2024).

“Cek kesehatan adalah hal wajib yang harus dilakukan, meskipun wajib secara administratif, tetapi patut dipatuhi oleh para calon sesuai agenda KPU. Karena, dengan menghindari agenda KPU dan tanpa ada alasan yang cukup krusial, maka tidak dapat dibenarkan,” kata Dedi, Sabtu (31/8/2024).

Baca Juga:  Pemkot Cirebon Konsisten Gerakan Makan Ikan

Semestinya jadwal yang dihimpun KPU lebih perlu dipatuhi dibanding agenda Parpol, dengan mendahulukan kepentingan partai sama saja kandidat tidak menghormati penyelenggara Pilkada.

Baca Juga:  KPU Kota Bandung Diduga Lakukan Pelanggaran Administrasi Kegandaan Anggota Partai Politik

Menurut Dedi apa yang dilakukan oleh Dhani bisa berdampak pada legitimasi pendaftaran dirinya sebagai calon kepala daerah, bahkan bisa didiskualifikasi.