Antisipasi longsor Susulan, BPBD Jabar Lakukan Asesmen di Dramaga Bogor

Longsor di Bogor
Ilustrasi longsor. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BOGOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat dan Kabupaten Bogor melakukan asesmen untuk mengantisipasi longsor susulan di Dramaga, Kabupaten Bogor.

Sebagaimana diketahui, longsor yang terjadi pada Minggu (26/11/2023) itu mengakibatkan dua korban jiwa.

Baca Juga:  Petugas Kelurahan di Tebing Tinggi Diminta Beri Pelayanan Maksimal pada Masyarakat

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Jabar Bambang Imanudin mengatakan bahwa pihaknya bersama BPBD Kabupaten Bogor telah melakukan pengamanan awal untuk mencegah longsor susulan, yang kemudian akan dilanjutkan dengan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) oleh Pemkab Bogor untuk mencegah bencana serupa di sana.

Baca Juga:  Stabilkan Harga Pangan di Bogor, Ade Yasin Usulkan Operasi Pasar Khusus Pedagang

“Kami sudah melakukan asesmen, berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor terkait langkah-langkah yang akan dilakukan. Kebetulan sekarang sudah melakukan pengamanan sementara pakai terpal supaya tidak terjadi longsor susulan. Ke depan akan dibangun tembok penahan,” kata Bambang, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Ingin FKDM Manfaatkan Teknologi Untuk Deteksi Bahaya Pengancam Kondusivitas

Dia menjelaskan, penyebab longsor diduga akibat tidak adanya saluran yang menjadi jalur air ketika terjadi hujan lebat. Karena itu pihaknya mendorong BPBD Kabupaten Bogor untuk membuat saluran air sebagai pencegahan tambahan.