Bank bjb Raih Penghargaan BPD Terbaik dalam Digitalisasi Daerah

Nancy Adistyasari, Direktur Komersial dan UMKM bank bjb, menerima penghargaan BPD Terbaik pada TP2DD 2024 di Jakarta
Nancy Adistyasari, Direktur Komersial dan UMKM bank bjb, menerima penghargaan BPD Terbaik pada TP2DD 2024 di Jakarta

ha

JABARNEWS | BANDUNG bank bjb meraih penghargaan sebagai BPD Terbaik dalam Championship Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) 2024. Penghargaan ini diberikan kepada instansi yang berprestasi dalam mendukung digitalisasi pemerintah daerah. Direktur Komersial dan UMKM bank bjb, Nancy Adistyasari, menerima penghargaan tersebut. Penghargaan ini mencerminkan komitmen bank bjb dalam mendukung digitalisasi serta perannya sebagai pengelola rekening kas umum daerah di Jawa Barat dan Banten.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Erlangga Hartarto, hadir sebagai pembicara dan menekankan peran penting Bank Pembangunan Daerah (BPD) dalam mendukung ekosistem transaksi digital pemerintah daerah. Ia menyoroti penyediaan layanan transaksi digital untuk penerimaan dan belanja daerah.

Komitmen Terhadap Digitalisasi

Bank bjb bertekad terus berinovasi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Tujuannya adalah memperkuat sistem digitalisasi agar pemerintah daerah dapat mengelola keuangannya secara efisien dan akuntabel. Selain itu, bank bjb berkomitmen mendukung elektronifikasi transaksi pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Program Digital Inovatif

Salah satu program unggulan bank bjb mencakup penerapan sistem digital untuk optimalisasi penerimaan asli daerah (PAD). Digitalisasi ini membuat proses pembayaran pajak dan retribusi daerah menjadi lebih efisien dan transparan, sehingga meningkatkan pendapatan daerah. Implementasi sistem berbasis digital mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran dan mempercepat aliran dana ke kas daerah. Selain itu, bank bjb mengintegrasikan Siskeudes Link untuk memfasilitasi pengelolaan keuangan desa secara digital. Bank bjb juga mendukung digitalisasi pembayaran untuk program sosial dan subsidi pemerintah serta mengembangkan produk layanan keuangan berbasis teknologi untuk sektor UMKM.

Baca Juga:  Dipercaya Kemendagri, bank bjb Bakal Jalankan Program Digitalisasi Nusantara

Edukasi dan Sosialisasi

Bank bjb aktif melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai digitalisasi di tingkat daerah. Melalui seminar, lokakarya, dan pelatihan, bank bjb membantu pemerintah daerah dan masyarakat memahami manfaat serta cara implementasi sistem digital dalam kehidupan sehari-hari.

Peran BPD dalam Ekosistem Digital

Dalam Rakornas P2DD, peserta membahas pentingnya peran BPD dalam menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan efisien. BPD diharapkan dapat mendukung penerimaan pajak dan retribusi daerah serta berkontribusi dalam pengelolaan keuangan melalui inovasi teknologi, seperti mekanisme split payment.

Baca Juga:  Skuad Voli Putri Bandung Bank Bjb Tandamata Siap Hadapi Proliga 2022

Penghargaan untuk Pemerintah Daerah

Rakornas ini juga memberikan penghargaan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang berhasil menerapkan kebijakan digitalisasi. Jawa Barat, misalnya, meraih penghargaan sebagai TP2DD Terbaik di tingkat provinsi.

Harapan untuk Masa Depan

Pemerintah pusat, daerah, dan sektor perbankan bekerja sama untuk mempercepat digitalisasi. Upaya ini akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bank bjb, sebagai pemain utama di sektor perbankan daerah, terus mendukung inisiatif ini dengan layanan digital yang lebih kuat dan kerja sama yang lebih baik dengan pemerintah daerah. Melalui berbagai inovasi, bank bjb optimis dapat terus mendukung program digitalisasi di masa mendatang.

(red)