Bawaslu Garut Ingin Libatkan Elemen Masyarakat untuk Awasi Pilkada 2024

Pemilu
Ilustrasi Pilkada. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | GARUT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut akan melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk melakukan pengawasan setiap pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Garut Lamlam Masropah mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan dalam mewujudkan demokrasi yang bersih tanpa kecurangan.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Pasca Mudik Lebaran Naik atau Tidak? Ridwan Kamil: Tunggu 14 Hari

“Pentingnya masyarakat ikut mengawasi seluruh tahapan pemilihan, dan tahu tata cara serta berani melapor ke Bawaslu, jika menemukan dugaan pelanggaran di tengah-tengah masyarakatnya,” kata Lamlam di Garut, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Kamis 12 Januari 2023

Dia menjelaskan, Bawaslu Garut saat ini sudah melakukan berbagai kegiatan melakukan pengawasan dalam tahapan menjelang pelaksanaan pemilihan bupati/wakil bupati, dan pemilihan gubernur/wakil gubernur.

Baca Juga:  Komunitas Fino Owner Indonesia se-Jabar Berlatih Di Sirkuit Cibatu

Upaya pengawasan itu, lanjut Lamlam, tidak hanya yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Garut maupun pengawas tingkat kecamatan dan desa, melainkan semua pihak komunitas dan berbagai elemen masyarakat harus ikut mengawasi pilkada.