Berkaca pada Diri Sendiri, Ini Kisah Abang Ijo Hapidin Dirikan Pelayanan Kesehatan Gratis untuk di Purwakarta

Pelayanan Kesehatan Gratis Abang Ijo Hapidin. (Foto: Istimewa).

Hal lain yang menjadi motivasi Abang Ijo mengadakan kegiatan layanan kesehatan, adalah budaya masyarakat sunda, terutama mereka yang telah berusia di atas 45 tahun, yang enggan dan malas memeriksakan keluhan yang dirasakan badannya ke puskesmas terdekat. Jikapun datang ke Puskesmas terdekat, kondisi sakit yang diderita sudah pada taraf kronis atau sudah susah disembuhkan.

“Di awal saat buka layanan dan layanan sedang dilaksanakan, seluruh tim yang bekerja wajib ngobrol dengan warga dan memberikan nasehat untuk memeriksakan kesehatan secara rutin, dan tidak menunggu sakit. Penting menurut saya untuk merubah mind set masyarakat tentang kesehatan. Dan ini pekerjaan rumah terbesar yang harus dilakukan seorang pemimpin,” jelasnya.

Baca Juga:  Jabar Menempati Peringkat Kedua Perolehan Sementara Medali Peparnas XVI Papua

Lebih spesifik, pengusaha dan petani muda yang baru berusia 37 tahun tersebut menuturkan; jika masyarakat percaya kepada dirinya untuk menjadi pemimpin di Kabupaten Purwakarta, di bidang kesehatan, Abang Ijo akan fokus pada kebijakan prioritas; Meningkatkan kualitas layanan kesehatan untuk lebih profesional, berorientasi melayani tanpa melihat status sosial warga.

Baca Juga:  Jika Garut Utara dan Selatan Dimekarkan, Ini Kecamatan yang akan Jadi Ibu Kota Kabupatennya

Kemudian memastikan seluruh masyarakat Purwakarta terdaftar dan terlayani oleh BPJS; menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) melalui program promotif dan preventif dengan pendekatan sosial budaya; Menurunkan angka stunting, angka penderita TBC melalui upaya perubahan perilaku dengan melibatkan seniman dan juga meningkatkan peran multipihak.

Abang Ijo Hapidin sendiri salah satu kandidat pemimpin Kabupaten Purwakarta yang memiliki angka elektabilitas menyaingi incumbent Bupati Purwakarta, yakni Ambu Anne. Berbekal pengalamannya sebagai pengusaha sekaligus petani, Abang Ijo siap memberikan bukti tidak sekedar Janji.

Baca Juga:  Aklamasi Eka Pimpin DPD Partai Golkar Kabupaten Bekasi

Pelayanan Kesehatan Abang Ijo tergolong unik. Pasalnya, jika ada warga yang kebutuhan obatnya tidak dapat dipenuhi oleh obat-obatan yang disediakan, Abang Ijo tak segan untuk membayari kebutuhan pembelian obat warga yang datang.

Hal tersebut dialami oleh salah satu warga Sukatani yang bernama Royhan (49), dia datang untuk mendapatkan layanan kesehatan tersebut.