Bey Machmudin Gandeng Perguruan Tinggi Tangani Sampah Perkotaan

Bey Machmudin
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menghadiri acara University Leader Forum serta Seremoni Penandatanganan Piagam Deklarasi Bersama Penanganan Sampah Kota Bandung di Gedung Danar Universitas Telkom, Kabupaten Bandung, Senin (21/10/2024).(Foto: Biro Adpim Jabar).

“Kami bersama perguruan tinggi swasta, dengan mahasiswa akan kami edukasi dulu, nanti mereka turun mengedukasi masyarakat untuk mengelola sampah dari rumah,” tutur Bey.

“Strateginya antara lain dibagi per kluster, misal di kecamatan ini perguruan tinggi mana, saya sudah tekankan ke Pak Sekda (Jabar) jangan hanya sekadar tanda tangan, tapi ada progresnya untuk masyarakat,” sambungnya.

Baca Juga:  Bey Machmudin Kaji Anggaran Program Makan Gizi Gratis

Oleh karena itu program kerja sama harus segera dilaksanakan, termasuk soal gaya hidup sehat seperti menggunakan tumbler atau membawa tempat minum sendiri dari rumah, dan gaya hidup lainnya.

Baca Juga:  Gara-gara Kucing, Sebuah Rumah Warga di Ciamis Ludes Terbakar, Kok Bisa?

Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten Samsuri menyambut baik deklarasi bersama yang dilakukan Pemda Provinsi Jabar dengan perguruan tinggi, khususnya terkait pilot project pengelolaan sampah di Kota Bandung.

Baca Juga:  Rekonsiliasi

“Perguruan tinggi, memang tugas kita adalah Tri Dharma, jadi pembelajaran, kemudian juga pengabdian kepada masyarakat, maka untuk riset dan pengembangan akan menjadi porsi lebih,” ucap Samsuri.