Bey Machmudin Kunjungi Dua Lokasi Gempa di Kuningan, Ini Data Lengkap Kerusakan

Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengunjungi lokasi gempa di Kabupaten Kuningan.
Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengunjungi lokasi gempa di Kabupaten Kuningan. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Machmudin, meninjau dua lokasi terdampak gempa di Kabupaten Kuningan pada Jumat (26/7). Lokasi yang dikunjungi Bey adalah Desa Jagara di Kecamatan Darma dan Kelurahan Purwawinangun di Kecamatan Kuningan.

“Saya meninjau dua lokasi terdampak gempa Kuningan. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dan pengungsi. Rumah warga yang terdampak teridentifikasi mengalami kerusakan ringan,” ujar Bey dalam keterangannya yang dikutip pada Sabtu (27/7).

Baca Juga:  Bey Machmudin: Produksi Sampah Kota Bandung Capai 1.500 Ton per Hari

Meskipun gempa telah terjadi tiga kali, Bey menyatakan bahwa warga di lokasi terdampak tetap dapat menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Bey juga mengapresiasi sistem koordinasi antara warga dan perangkat desa terkait pelaporan kerusakan.

Baca Juga:  Beriman Trendi Yakin Bakal Menang Pilkada Sergai, Raih Suara 60 Persen

“Saya bertanya kepada kepala desa tentang bagaimana rumah yang letaknya terpencil bisa diketahui terdampak bencana. Ternyata, mereka melapor ke petugas piket desa,” jelas Bey.

Baca Juga:  Ngeri! Sepanjang Tahun 2021, Aceh Diguncang Gempa Bumi Sebanyak 1059 Kali

Dengan adanya sistem ini, aparat desa dapat dengan mudah menemukan rumah yang rusak atau terdampak pascagempa, yang sangat berguna bagi pendataan dan langkah assesment yang akan dilakukan BPBD. Selain koordinasi yang baik, solidaritas antarwarga dan aparat di lokasi terdampak juga sangat baik.