Bey Machmudin Sebut Tradisi Konsumsi Singkong di Kampung Adat Cireundeu Perkuat Ketahanan Pangan

Bey Machmudin
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melaksanakan kunjungan kerja ke Kampung Budaya Cireundeu, di Kampung Cireundeu, Leuwigajah, Kota Cimahi, Rabu (23/10/2024). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Ditemui seusai acara, Bey menyatakan kekaguman terhadap kemampuan masyarakat adat Cireundeu menjaga tradisi konsumsi singkong.

“Ini adalah bentuk kearifan lokal yang luar biasa. Mereka tidak mengonsumsi nasi dari beras, tapi dari singkong. Ini sangat relevan dengan upaya kita untuk memperkuat ketahanan pangan di Jawa Barat,” ujarnya.

Baca Juga:  Disperindag Jabar Bakal Gelar Operasi Pasar Murah Dua Minggu Jelang Idulfitri

Apa yang dilakukan warga Cireundeu bukanlah hal baru. Sejak 1924, mereka beralih dari padi ke singkong karena kondisi lahan yang lebih cocok untuk tanaman umbi tersebut.

Baca Juga:  Polda Jabar Cek Kesiapan Samapta Polres Majalengka Jelang Pelantikan Presiden

“Dari cerita Abah Widi (Ais Pangampih Kampung Adat Cireundeu) di sini, awalnya mereka menanam padi, tetapi melihat kondisi lahan, akhirnya sejak 1924 mereka beralih ke singkong dan hasilnya ternyata luar biasa,” tambahnya.

Baca Juga:  Tiga Nama Calon Pj Wali Kota Bandung Usulan Ridwan Kamil

Bey juga mencatat bahwa masyarakat setempat tampak lebih sehat bahkan bercanda perut mereka tidak buncit. “Sebuah tanda bahwa pola makan berbasis singkong baik bagi kesehatan,” ucapnya.