BPBD Garut Siapkan Bantuan Daerah Terdampak Bencana Alam

Bencana Alam
Ilustrasi bencana alam. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | GARUT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyiapkan bantuan penanggulangan di 11 kecamatan yang terdampak bencana alam banjir dan longsor akibat hujan deras.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Aah Anwar Saefuloh mengatakan bahwa hujan yang turun dengan intensitas tinggi dan berlangsung lama pada Selasa (10/9/2024) sampai Rabu (11/9/2024) pagi itu dilaporkan hampir merata mengguyur wilayah Garut.

Baca Juga:  Brutal! Remaja di Garut Aniaya Seorang Pria hingga Kritis: Banyak Luka Bacok

“Berkaitan dengan hal tersebut BPBD telah melakukan pantauan lapangan dan berkoordinasi dengan forkopimcam kecamatan yang terdampak, termasuk dinas teknis guna melakukan langkah penanganan selanjutnya,” kata Aah di Garut, Kamis (12/9/2024).

Baca Juga:  Fahri Hamzah Bakal Tuntut Sohibul Iman Dan Kawan-Kawan

Dia menjelaskan, hujan deras yang turun setelah kemarau itu menyebabkan tanah longsor di sejumlah kecamatan dan kerusakan jalan maupun bangunan rumah, kemudian terjadi banjir, dan cuaca ekstrem.

Baca Juga:  Pengusaha Tahu Tempe Mogok Produksi, Disperindag Jabar: Lebih Baik Naikkan Harga

“Dampak dari hujan pada tanggal 10 September 2024 tercatat sebanyak 11 kecamatan, 15 desa, dan 20 titik kejadian yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Garut dengan jenis bencana variatif,” jelasnya.