BPBD Sebut 45.325 Warga Terdampak Gempa Bumi di Kabupaten Bandung

Kerusakan akibat gempa yang mengguncang wilayah Bandung dan sekitarnya
Kerusakan akibat gempa yang mengguncang wilayah Bandung dan sekitarnya. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Uka Suska melaporkan bahwa sebanyak 45.325 warga terdampak bencana gempa bumi berkekuatan 5.0 magnitudo yang terjadi di daerah itu pada Rabu (18/9/2024).

Dia menyebut, puluhan ribu warga terdampak itu berasal dari total 11.682 kepala keluarga di delapan kecamatan.

Baca Juga:  Keracunan Massal di Purwakarta, Belasan Orang Masih Mendapat Perawatan Medis

“Dari sekian banyak masyarakat yang terdampak gempa bumi, sebanyak 9.229 jiwa mengungsi dan bertahan di tenda pengungsian yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Satu orang meninggal dunia,” kata Uka di Kabupaten Bandung, Jumat (27/9/2024).

Baca Juga:  Petugas KPPS di Jabar yang Meninggal Dunia dan Kecelakaan dapat Santunan, Total Rp1,28 Miliar

Dia menjelaskan, lokasi tenda pengungsian warga terdampak gempa bumi itu tersebar di berbagai desa yakni sebanyak 65 tenda di Desa Cibeureum, delapan tenda di Desa Tarumajaya, 16 tenda di Desa Cikembang, 18 tenda di Desa Cihawuk, dan dua tenda di Desa Sukapura.

Baca Juga:  Bercampur Batu dan Lumpur, Ini Penampakan Pulau Baru yang Muncul Sehabis Gempa di Maluku

“Untuk diketahui bahwa data ini bersifat dinamis dan akan dilaksanakan update data secara berkala. Pendataan dan survei lokasi serta mengimbau warga untuk segera mengungsi (mandiri) ke rumah warga atau keluarga yang lebih aman, jika terjadi gempa bumi susulan,” jelasnya.