Cekungan Bandung Hadapi Potensi Krisis Sampah, Herman Suharman: Super Serius!

Sekda Jabar
Sekda Jabar Herman Suryatman menghadiri Rapat Koordinasi Citarum Harum dan Pengelolaan Sampah di Ruang Rapat Ciremai, Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (3/10/2024). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menyatakan, permasalahan sampah masih membayang-bayangi kawasan Cekungan Bandung. Untuk mencegah dan menangani permasalahan sampah secara berkelanjutan, pemda provinsi dan pemda kabupaten kota perlu bergerak cepat dan mengambil langkah yang super serius.

Hal itu dikatakan Herman dalam Rapat Koordinasi Citarum Harum dan Pengelolaan Sampah di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (3/10/2024). Rapat tersebut sekaligus menjadi langkah awal dalam memperkuat kolaborasi antarwilayah untuk menghadapi tantangan sampah pada masa mendatang.

Baca Juga:  Pasca Tenggelam Warga Ciranjang di Waduk Cirata, Satpolair Polres Cianjur Pencarian Korban

“Kita sedang menghadapi potensi ledakan sampah di Cekungan Bandung. Bahkan, dalam hitungan enam bulan, masalah ini bisa menjadi bencana jika tidak ada penanganan yang serius,” ucap Herman.

Baca Juga:  Herman Suryatman Targetkan Pompanisasi Selesai 100 Persen Bulan Ini

“Saya sengaja menggunakan kata-kata yang provokatif agar kita semua terguncang dan mengambil langkah progresif. Tidak bisa lagi kita bekerja dengan cara biasa-biasa saja. Jika tidak ada aksi nyata, ledakan sampah ini akan menghantui kita semua,” imbuhnya.

Baca Juga:  Herman Suryatman Sebut Jumlah Pengangguran di Jawa Barat Tembus 1,7 Juta Orang

Dalam rapat tersebut, Herman juga memastikan Pemda Provinsi Jabar sudah menyiapkan strategi yang komprehensif dan serius untuk menghadapi potensi permasalahan sampah. Strategi tersebut disusun berdasarkan kewenangan pemda provinsi.