Cekungan Bandung Hadapi Potensi Krisis Sampah, Herman Suharman: Super Serius!

Sekda Jabar
Sekda Jabar Herman Suryatman menghadiri Rapat Koordinasi Citarum Harum dan Pengelolaan Sampah di Ruang Rapat Ciremai, Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (3/10/2024). (Foto: Biro Adpim Jabar).

“Kami di pemda provinsi sudah siap untuk bergerak. Apapun yang terjadi, kami harus bertindak dengan super serius. Ini jauh lebih baik daripada kita diam dan membiarkan masalah semakin besar,” kata Herman.

Herman mendorong pemda kabupaten kota di Kawasan Cekungan Bandung untuk menyusun strategi sesuai dengan kewenangannya. Jika pemda provinsi dan pemda kabupaten kota bahu-membahu, permasalahan sampah di Kawasan Cekungan Bandung akan dapat teratasi.

Baca Juga:  Situ Wanayasa Memiliki Spot Baru Untuk Berswafoto

Menurut Herman, koordinasi dan sinergi antarwilayah sangat penting, mengingat permasalahan sampah bersifat lintas daerah. Dalam hal ini, pemda provinsi akan berfokus pada penanganan regional, sedangkan pemda kabupaten kota bertanggung jawab atas lokus masing-masing.

Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Garut Bakal Evaluasi Pelayanan Wisata Selama Musim Libur Lebaran

“Jangan sampai nanti saat terjadi krisis, semua cuci tangan. Tidak boleh ada yang lari dari tanggung jawab. Kita semua harus bertanggung jawab sesuai dengan tugas masing-masing, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” tandasnya. (Red)

Baca Juga:  Herman Suryatman Ungkap Tantangan Serius Pertanian Jabar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News