Ciremai Fest 2024: Gerakkan Pariwisata dan Perkuat Pelestarian Gunung

Ciremai Fest
Ciremai Fest 2024. (Foto: Istimewa).

Penjabat (Pj.) Bupati Kabupaten Kuningan Iip Hidajat mengatakan, Ciremai Fest 2024 bertujuan untuk menggelorakan upaya masyarakat di Jabar, khususnya Kabupaten Kuningan, menjaga kelestarian Gunung Ciremai.

“Gunung Ciremai ini atapnya Jabar yang akan kita wariskan kepada generasi akan datang, harus terus disosialisasikan agar timbul rasa memiliki, sehingga mau memelihara Gunung Ciremai. Potensinya yang sangat besar dapat memberikan dampak ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga:  Revitalisasi Taman Air Mancur Sri Baduga Butuh Dana Rp10 Miliar

Kolaborasi diperlukan untuk mencetak generasi muda yang peduli dengan Gunung Ciremai. Salah satu upayanya dengan menjadikan Pelajaran Pelestarian Gunung Ciremai sebagai Pelajaran muatan lokal bagi pelajar di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan, mulai dari tingkat SD hingga universitas.

Baca Juga:  Desa Terpencil di Kuningan Ini Dibangun pada Abad Ke-18 Sejak Kesultanan Cirebon, Catat Lokasinya Disini!

“Hasil berdialog dengan lintas masyarakat, pegiat lingkungan, budayawan, komunitas dan lainnya, akhirnya mendukung muatan lokal Gunung Ciremai masuk di kurikulum. Semoga langkah ini memberikan dampak positif bagi Jabar, nasional bahkan internasional, mengingat pentingnya Gunung Ciremai ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Asyik Pesta Narkoba, Dua Pria Asal Medan Digrebek Polisi

Dalam muatan lokal itu nantinya akan diberikan pelajaran terkait konservasi dan pemanfaatannya secara berkelanjutan sesuai aspek ekologi, ekonomi dan sosial budaya setempat.