Dana Stimulan Tahap IV bagi Korban Gempa di Cianjur sudah Bisa Dicairkan

Korban Gempa Cianjur
Warga korban gempa Cianjur saat menerima bantuan sosial. (Foto: Mul/JabarNews).

Bantuan stimulan tahap IV ini akan dialokasikan untuk 36.285 KK yang menjadi korban gempa Cianjur pada tahun 2022. Rincian penerimanya mencakup 4.457 rumah rusak berat, 4.912 rumah rusak sedang, dan 26.916 rumah rusak ringan.

“Total dana stimulan untuk perbaikan rumah yang rusak pada tahap IV ini mencapai Rp818,55 juta, yang telah siap di rekening BNPB,” jelas Nurzain.

Baca Juga:  Duh! Warga Nagrak Cianjur Mengeluh Keran PDAM tak Ngocor

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secara simbolis menyerahkan bantuan stimulan tahap IV kepada 500 penyintas pada Jumat (7/6) di Pendopo Kabupaten Cianjur.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menegaskan bahwa pencairan bantuan ini merupakan bagian dari arahan Presiden Joko Widodo, yang selalu memantau dan memberi instruksi untuk mengutamakan kesejahteraan masyarakat terdampak bencana.

“Saya menyerahkan bantuan stimulan tahap IV atas perintah Presiden Joko Widodo yang terus memonitor dan memberikan arahan untuk memprioritaskan penyelesaian masalah rakyat terdampak bencana, terutama di Cianjur,” kata Suharyanto.

Baca Juga:  Duh! Tebing di di Desa Karyamukti Cianjur Longsor, 40 Jiwa Diungsikan

Suharyanto juga menambahkan bahwa keterlambatan pencairan bantuan tahap IV disebabkan oleh berbagai masalah lapangan, seperti data penerima yang ganda dan pelaporan yang lambat. Oleh karena itu, validasi data memakan waktu cukup lama.

“Pendataan ulang diperlukan karena jumlah rumah yang rusak akibat gempa hampir mencapai 90 ribu unit, dengan sekitar 20 ribu unit mengalami kerusakan berat,” ungkapnya.

Baca Juga:  HPN 2021, Uu Ruzhanul Ulum: Media Memperpanjang, Telinga, Mata Dan Mulut Kami

Dengan dimulainya pencairan dana stimulan tahap IV ini, diharapkan para penyintas gempa di Cianjur dapat segera memperbaiki rumah mereka dan melanjutkan kehidupan dengan lebih baik. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News