Dapat Bantuan Lima X-Ray Portabel, Bey Machmudin: Mudahkan Deteksi Dini TBC secara Masif

Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin menghadiri Kampanye Tuberkulosis dan Peluncuran Portable X-Ray bersama Menteri Kesehatan RI di Gedung Sate Bandung, Jumat (2/8/2024). (Foto: Istimewa).

Bey menyambut baik bantuan tersebut karena dapat mendeteksi penyebaran TBC secara lebih masif.

Selain serah terima bantuan x-ray protabel, dilakukan pula Deklarasi Dukungan Implementasi Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkolosis di Tempat Kerja.

Baca Juga:  Uu Ruzhaul Ulum Minta Masyarakat Tidak Beli Hasil Tambang Ilegal

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Pulau Jawa menjadi tertinggi penularan TBC. Kemenkes akan bergerak cepat mendeteksi TBC salah satunya di Jabar, dengan bantuan x-ray portabel.

Baca Juga:  Tegas!!! Yana Tekan SKPD Harus Belanja Produk UMKM

“(Provinsi) TBC tertinggi, nomor satu, semuanya hampir semua di Jawa karena populasinya paling tinggi (dibandingkan pulau lain). Jawa Barat otomatis paling tinggi karena populasinya paling banyak (di Jawa),” ucap Budi Gunadi.

Baca Juga:  Pemprov Jabar dan PUPR Segera Relokasi Warga Terdampak Longsor

Untuk menjangkau Jabar yang terdiri dari 27 kabupaten/kota memerlukan waktu lama, sehingga tidak memungkinkan untuk mendeteksi secara fisik. Namun deteksi bisa dimaksimalkan dengan metode tes dahak atau tes darah.