Dosen PGSD FIP UPI Latih Guru SD di Sukabumi Gunakan Aplikasi untuk Pahami Perkembangan Anak

Narasumber dan peserta pelatihan Prodi PGSD Bumi Siliwangi FIP UPI
Narasumber dan peserta pelatihan Prodi PGSD Bumi Siliwangi FIP UPI. (foto: istimewa)

Dra. Ani Hendriani, M.Pd., dalam wawancara dengan Jabarnews.com, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan dasar bagi para guru dalam menyelenggarakan pembelajaran terdeferensiasi.

Menurut Ani, hal ini penting agar guru dapat merencanakan pembelajaran berdasarkan pemahaman objektif terhadap profil karakteristik perkembangan anak.

Kegiatan pelatihan melalui luring atau praktik di kelas
Kegiatan pelatihan melalui luring atau praktik di kelas. (foto: istimewa)

Dr. Arie Rakhmat Riyadi, M.Pd. selaku Ketua Prodi PGSD FIP UPI, yang juga menjadi narasumber utama dalam kegiatan luring, menegaskan bahwa kegiatan PkM ini bertujuan untuk menjembatani antara kajian teoretik-akademik hasil riset di kampus dengan praktik di lapangan melalui pelatihan kolaboratif dengan guru SD.

Baca Juga:  Kecelakaan di Tol Cipularang, Dua Orang Terluka

Dari beberapa testimoni peserta, kegiatan ini dianggap sangat bermanfaat dalam menunjang kapabilitas guru SD dalam memahami karakteristik perkembangan anak untuk perencanaan pembelajaran dan perlakuan pendidikan lainnya.

Baca Juga:  Sudah 250 Ton Sampah Diangkut dari Pantai Cibutun Sukabumi

Kegiatan PkM ini sebelumnya dibuka pada tanggal 2 Juli 2024 oleh perwakilan Pimpinan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Wakil Rektor I bidang Akademik Kemahasiswaan UPI, Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi, dan Dekan FIP UPI.

Pembukaan acara tersebut melibatkan dosen dari berbagai prodi di FIP UPI, para guru se-Kabupaten Sukabumi, serta mahasiswa FIP UPI. Prodi PGSD FIP UPI turut dibantu oleh dua mahasiswa, yaitu Faqih Rasyid Hermawan dan Kania Dwidianti Nurharisma.

Baca Juga:  Tol Bocimi Ditutup Usai Longsor, Pengendara Diminta Lewati Jalur Ini

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sukabumi, khususnya dalam hal peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan konsep DAP untuk pembelajaran yang lebih efektif dan berpihak kepada peserta didik. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News