DPRD Jabar Gelar Seminar Parlemen Mengabdi Pancasila Untuk Dunia

Seminar parlemen dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2024 dengan tema ‘Parlemen Mengabdi: Pancasila Untuk Dunia’ yang berlangsung di Gedung Merdeka, Kota Bandung pada Jumat (21/6/2024). (Foto: Istimewa).

Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin mengapresiasi DPRD Jabar yang berupaya terus menghidupkan Pancasila, di antaranya melalui kegiatan ini. Ia pun berterima kasih kepada para pendidik Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, yang telah mengajarkan ideologi negara dengan kreatif menjadi pelajaran menarik bagi para peserta didik.

Baca Juga:  Seri Tiga Liga 1, Kapten Persib Ajak Rekan se-Timnya Terus Bekerja Keras

“Dengan tema ‘Pancasila untuk Dunia’, kita ingat kembali Soekarno menyatakan bahwa setiap bangsa besar harus ditopang ideologi, ideologi yang memuat pedoman dan cita-cita kehidupan berbangsa bernegara,” kata Bey.

Ia pun mengingatkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Merdeka, yang pada 1955 membuat Indonesia sangat berperan di kancah internasional dan menjadi inspirasi bagi kemerdekaan bangsa di Asia dan Afrika, yakni Konferensi Asia Afrika.

Baca Juga:  Duh! Gadis Asal Cikalongkulon Cianjur Sudah Tiga Tahun Hilang Kontak di Arab Saudi

“Hal ini karena Pancasila. Dengan Pancasila, kita bisa tetap kokoh bersatu dan rukun di tengah krisis dan tantangan dunia,” katanya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut Pandemi Beri Dampak Besar Gaya Hidup Masyarakat

Bey mencontohkan pada masa Pandemi Covid-19, Indonesia menunjukkan kuatnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ia ingat bahwa semua orang bergotong royong menuntaskan pandemi ini, bergotong-royong membantu sesama.