DPRD Jabar Gelar Seminar Parlemen Mengabdi Pancasila Untuk Dunia

Seminar parlemen dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2024 dengan tema ‘Parlemen Mengabdi: Pancasila Untuk Dunia’ yang berlangsung di Gedung Merdeka, Kota Bandung pada Jumat (21/6/2024). (Foto: Istimewa).

Ketika itu, Bung Karno merumuskan Pancasila berdasarkan pemikiran filosofis yang mendalam tentang kebangsaan, kemanusiaan, dan keadilan sosial.

“Bung Karno menginginkan dasar negara yang mampu mempersatukan berbagai kelompok etnis, agama, dan budaya di Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga:  Anak Kecanduan Gadget? Ini Tips Ala KH Abu Hamzah

Menurutnya, Pancasila yang diyakini oleh Bung Karno mencerminkan nilai-nilai luhur seperti, ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial.

Bedi menilai Bung Karno sebagai Presiden pertama Indonesia senantiasa mengimplementasikan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahkan, Bung Karno mempromosikan Pancasila melalui pidatonya yang berjudul ‘to build the world a new’ di sidang umum PBB tanggal 30 sept 1960.

Baca Juga:  Baliho Syaiful Huda Untuk Gubernur Jabar 2024 Mejeng di Kota Bandung

Padahal kondisi saat itu konflik ideologis sedang melanda dunia tetapi Bedi yakin Pancasila berhasil mempersatukan bangsa indonsesia yang memiliki keragaman etnis, suku bangsa, dan agama. (Red)

Baca Juga:  Ridwan Kamil Dorong Komunitas Motor Aktif dalam Penanggulangan Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News