Dua Pria di Bogor Terpapar Penyakit Cacar Monyet, Dinkes Ungkap Penyebabnya

Cara penularang cacar monyet. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BOGOR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mengonfirmasi adanya temuan kasus cacar monyet atau monkeypox (Mpox) di wilayah tersebut. Informasi ini muncul setelah dua orang laki-laki terpapar kasus cacar monyet, menjadikannya temuan pertama di Kota Bogor.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Bantu Pemudik yang Sakit saat Terjebak di Tol Cipali

Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno, menjelaskan bahwa penemuan kasus cacar monyet ini bermula dari laporan puskesmas. “Awalnya mereka melaporkan temuan ini, dan selanjutnya berkoordinasi dengan kami untuk dilakukan tatalaksana,” kata Sri.

Menurut Sri, petugas kemudian melakukan tatalaksana pengambilan spesimen, termasuk spesimen swab orofaring, swab lesi, swab anal, dan serum darah. “Surveilans Dinas Kesehatan Kota Bogor mengirimkan sampel ke Laboratorium BKPK Jakarta,” jelasnya.

Baca Juga:  Duh, Belasan Pelajar SMK di Bogor Terciduk Sedang Teler Akibat Miras

“Dua kasus dinyatakan terkonfirmasi monkeypox setelah Laboratorium BKPK memberikan hasil lab ke Dinas Kesehatan Kota Bogor,” tambah Sri.

Masih menurut Sri, penelusuran menunjukkan bahwa kedua kasus ini berkaitan dengan orientasi seksual Laki Seks Lelaki (LSL), dengan riwayat kontak seksual dalam 21 hari terakhir sebelum munculnya gejala.

Baca Juga:  Oknum Guru Ngaji di Bogor Jadi Sasaran Aksi Massa, Kesal Karena Berbuat Ini Pada Anak Didiknya