Gegara Ini, Peserta KB Pria di Purwakarta Meningkat

Kegiatan pelayanan MOP di Klinik Wijaya Kusuma. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta terus menggencarkan sosialisasi mengenai KB pria atau vasektomi agar jumlah akseptor terus meningkat di daerah itu.

Hal itu terbukti dengan banyaknya para kaum pria di Kabupaten Purwakarta mengikuti program keluarga berencana (KB) metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) vasektomi.

Baca Juga:  Banyak Berita Hoaks Soal Bom Bunuh Diri, Jangan Sebarkan Bisa Kena UU ITE

Banyaknya pria yang berminat menggunakan Metode Operasi Pria (MOP) tak lepas dari peran para penyuluh dilapangan melalui kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE).

Baca Juga:  Wah! Tiga Pria Ini Nekat Tukar Uang Palsu ke Bank Indonesia di Tasikmalaya

Koordinator PLKB Kecamatan Kiarapedes, Iwan Jamaludin mengaku dalam menjalankan programnya tidaklah mudah mengajak para pria untuk divasektomi, lantaran masih banyak pemahaman yang salah dalam menggunakan alat kontrasepsi tersebut.

“Kami intens sosialisasi vasektomi ini untuk mengajak kaum pria untuk ikut menyukseskan program KB yang selama ini lebih banyak melibatkan kaum perempuan,” kata pria yang akrab disapa Iwan Buluk itu, pada Selasa, 28 Mei 2024.

Baca Juga:  Tempat Spa di Karawang Nekat Tetap Beroperasi Saat Ramadhan