Gerakan Purwakarta Mengawal Siap Jaga Demokrasi di Pilkada 2024

Koordinator Aliansi BEM Purwakarta, Shela Amelia saat berorasi dalam aksi demo bersama Gerakan Purwakarta Mengawal (Foto: PICPROJECT)
Koordinator Aliansi BEM Purwakarta, Shela Amelia saat berorasi dalam aksi demo bersama Gerakan Purwakarta Mengawal (Foto: PICPROJECT)

Dalam aksinya, Gerakan Purwakarta Mengawal ini mengecam segala tindakan yang dapat mengancam kemunduran atau kehancuran demokrasi.

Bersama Gerakan Purwakarta Mengawal, Shela menegaskan pentingnya menjaga demokrasi sebagai pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Segala bentuk ancaman terhadap demokrasi harus dilawan dan dicegah dengan tegas,” kata Shela.

Gerakan Purwakarta Mengawal, sambungnya, juga mendesak Pemerintah, KPU, dan Bawaslu untuk melaksanakan dan mengawasi Pilkada yang sehat, bersih, jujur, adil, dan sesuai aturan.

Baca Juga:  Kata Anies Baswedan Usai Diusung PKS untuk Pilgub DKI Jakarta 2024

Menurut Shela, pelaksanaan Pilkada harus mencerminkan integritas dan transparansi. Oleh karena itu, pihaknya mendesak agar semua pihak terkait menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab untuk memastikan proses demokrasi yang adil dan bebas dari kecurangan.

Gerakan Purwakarta Mengawal pun mengajak segenap lapisan masyarakat untuk terus mengawal, mengawasi, dan melaporkan segala bentuk pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah kepada ⁠instansi/lembaga berwenang.

Baca Juga:  Pemkab Bekasi Keluarkan Surat Edaran Larangan ASN Terlibat dalam Politik Pilkada 2024, Begini Isinya

“Partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam menjaga jalannya Pilkada. Kami menyerukan kepada seluruh warga untuk tidak ragu melaporkan setiap indikasi pelanggaran yang mereka temui,” tegas Shela.

Koalisi ini juga mengecam segala bentuk intervensi kekuasaan dan intervensi politik terhadap lembaga kehakiman dan proses peradilan.

Baca Juga:  PKB Resmi Usung Sosok Ini di Pilwalkot Bogor 2024

“Kami menentang keras upaya intervensi dalam proses hukum dan menegaskan bahwa lembaga kehakiman harus independen dan bebas dari tekanan politik dalam menjalankan tugasnya,” ujar Shela.

Shela pun mengungkapkan bahwa Gerakan Purwakarta Mengawal juga mendukung semua pihak yang berupaya menjaga demokrasi, memperjuangkan keadilan, dan menegakkan hukum.