Guru Ngaji yang Meninggal dapat Santunan, BPJS Ketenagakerjaan Tekankan Pentingnya Perangkat Desa Sadar Jamsos

Santunan
Ahli waris Guru Ngaji dan Pedagang di Desa Ciptagumati, Kabupaten Bandung Barat dapat santunan. (Foto: Istimewa).

Ditemui terpisah, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cimahi, Ahmad Feisal Santoso menerangkan bahwa Desa Ciptagumati ini dapat menjadi contoh untuk desa-desa lainnya agar lebih sadar akan pentingnya jaminan sosial karena perlindungan jaminan sosial merupakan hak seluruh pekerja termasuk pekerja informal.

Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan Beri Santunan Jaminan Kematian 42 Juta Kepada Ahli Waris

BPJS Ketenagakerjaan memiliki 5 program perlindungan bagi pekerja di seluruh Indonesia yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Pekerja yang dilindungi tidak hanya pekerja pabrik atau Penerima Upah (PU), tetapi juga pekerja mandiri atau Bukan Penerima Upah (BPU). Untuk pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) cukup mengiur sebesar Rp16.800 per bulan untuk mendapatkan perlindungan JKK dan JKM.

Baca Juga:  Edwar Zulkarnain Ungkap Cara Cegah Kenakalan Remaja di Purwakarta, Ternyata Lewat Ini

“Kami akan terus aktif, bekerja keras untuk memberikan informasi terkait manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan ke seluruh lapisan masyarakat pekerja agar para pekerja bisa bebas cemas dalam bekerja” tutupnya. (Red)

Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan Berikan Santunan Pada Ahli Waris Para Pekerja di Kabupaten Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News