Hasil 8 Bulan Budidaya dalam Ruangan, DKP Jabar Lepas 300 Ekor Lobster ke Laut

Lobster
Budidaya Lobster. (Foto: Istimewa).

“Kita sudah memulai penelitian dan pengembangan ini sejak 2020, dan alhamdulillah 2024 ini berhasil dengan merilis atau melepaskan kembali benih lobster ke laut. Memang jumlahnya belum banyak, tapi ini adalah langkah baik untuk masa depan lobster di Jawa Barat,” kata Herman.

Baca Juga:  Polrestabes Bandung Beberkan Penyebab Tewasnya Bocah di Kolam Masjid Raya Al Jabbar, Diduga Karena Ini

Analis Aqua Culture Ahli Muda UPTD Perikanan Air Payau dan Laut Wilayah Selatan (PAPLWS) DKP Jabar Denny Hamdani menjelaskan, budidaya indoor dilakukan karena selama ini lobster sulit dibudidaya langsung di laut.

“Karena kondisi angin dan gelombang laut selatan, sehingga sangat sulit kita lakukan budidaya langsung di laut. Sehingga kita lakukan di indoor,” jelasnya.

Baca Juga:  Ternyata Tiga Kebiasaan Buruk ini Bisa Jadi Penyebab Penuaan Dini

Menurut Denny, Jabar terbilang yang pertama kali berhasil membudidaya lobster dalam ruangan. “Catatan saya, kita yang pertama kali berhasil melakukannya. Budidaya indoor ini akan terus kita kembangkan sampai ketemu cara dan teknologi yang tepat,” jelas Denny.

Baca Juga:  Budidaya Lobster Disebut Jadi Solusi Nelayan di Pantai Selatan Cianjur saat Paceklik Ikan

Ia menjelaskan, teknik budidaya dalam ruangan yang sekarang dilakukan baru pada sampai segmentasi 2 dengan ukuran lobster 50-70 gram dengan lama pemeliharaan 8 bulan.