Herman Suryatman: Modal Sosial Lebih Penting daripada Finansial

Herman Suyatman
Sekda Jabar Herman Suryatman saat memimpin apel pagi dirangkaikan dengan Penyerahan SK Pensiun, KTP elektronik dan Taspen kepada ASN purnatugas di halaman depan Gedung Sate, Senin (3/6/2024). (Foto: Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekda Jabar Herman Suryatman mengingatkan kepada seluruh aparatur sipil negara Pemdaprov Jabar agar bisa memaksimalkan modal sosial supaya program pembangunan bisa jalan.

Menurutnya, modal sosial itu berupa partisipasi aktif dan positif masyarakat dalam berbagai program. Syarat agar modal sosial itu muncul, masyarakat harus bahagia. Bahagia harus ditopang dengan kesejahteraan.

Baca Juga:  Begini Cara Membersihkan Lampu Mobil Agar Tidak Kusam

“Sangat sulit kita menggerakkan masyarakat apabila posisinya kurang bahagia,” ujar Herman Suryatman saat memimpin apel pagi di halaman depan Gedung Sate Bandung, Senin (3/6/2024).

Baca Juga:  314 PNS Tempati Posisi Baru, Bupati Karawang Minta Semua Loyal dan On Call 24 Jam

Herman berpandangan, kalau masyarakat bahagia maka tingkat kepercayaan kepada pemerintah akan tinggi. “Dengan high trust modal sosial akan baik dan itu sejatinya adalah modal utama pembangunan,” katanya.

Baca Juga:  ASN Pemkot Bogor Dilarang Gelar Bukber dan Open House, Begini Penjelasan Bima Arya

Jawa Barat, katanya, memiliki hampir 50 juta penduduk tersebar di 27 kabupaten dan kota. Hal ini menjadi modal awal yang sangat berharga.