Hikmat Ginanjar: Lingkungan Sekolah yang Baik Dukung Tumbuhnya Pendidikan Karakter Antikorupsi

Sekda Kota Bandung
Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung Hikmat Ginanjar. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Dukungan ekosistem pendidikan melalui keteladanan para pendidik dan tenaga kependidikan serta lingkungan belajar yang baik memiliki korelasi positif untuk menumbuhkan karakter integritas dan antikorupsi para siswa di lingkungan satuan pendidikan.

Hal itu diungkapkan Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung Hikmat Ginanjar saat membuka sosialisasi kurikulum antikorupsi bagi Kepala Sekolah Kota Bandung di Grand Pasundan Convention Hotel, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga:  Medina Zein Diputuskan Jalani Rehabilitasi

“Pendidikan karakter ini menjadi tanggung jawab bersama antara orang tua, guru, pemerintah dan masyarakat. Saya kira ini sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dan budaya anti korupsi di kurikulum jenjang pendidikan,” kata Hikmat.

Baca Juga:  Saling Ejek, Pelajar SMP Dibacok Rekannya Sendiri di Depok

Sebagai komitmen pembentukan karakter antikorupsi di kurikulum jenjang pendidikan, Pemkot Bandung telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota Nomor 49 tahun 2019 tentang penyelenggaraan pendidikan anti korupsi di satuan pendidikan di Kota Bandung.

Baca Juga:  Soal Isu Suasana Kabinet Tak Nyaman, Presiden Jokowi: Wong Biasa-biasa Saja

Hikmat menyebut pentingnya kurikulum pendidikan anti korupsi ini diimplementasikan di seluruh satuan pendidikan sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berkarakter dan berkualitas guna terwujudnya profil pelajar Pancasila.