HSN 2024 di Kota Bandung, Dharmawan Tekankan Pentingnya Peran Santri dalam Pembangunan

Dharmawan
Penjabat Sekretaris Daerah Kota Bandung Dharmawan. (Foto: Istimewa).

“Masa depan Indonesia ada di pundak santri. Maka Hari Santri 2024 harus jadi momentum penguatan komitmen mewujudkan cita-cita bangsa,” pesannya.

Melansir dari Sambutan Menteri Agama RI pada peringatan Hari Santri Nasional 2024, Menteri Agama, Nasaruddin Umar, mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengenang peran besar santri dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, khususnya melalui peristiwa bersejarah Resolusi Jihad yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Baca Juga:  Waspada, Berikut Sejumlah wilayah Yang Berpotensi Hujan di Siang Hari

“Sejarah mencatat, kaum santri adalah salah satu kelompok paling aktif dalam menggelorakan perlawanan terhadap penjajah. Resolusi Jihad menjadi titik penting yang mengobarkan semangat perjuangan, hingga meletus peristiwa besar pada 10 November 1945 yang kita kenal sebagai Hari Pahlawan,” ungkap Nasaruddin dalam sambutannya.

Baca Juga:  Sambut Indonesia Emas 2045, Bambang Tirtoyuliono Beberkan Hal Ini

Tema Hari Santri Nasional 2024 juga disebut terinspirasi dari kitab Alfiyyah Ibnu Malik. Tema ini menekankan pentingnya santri masa kini untuk meneruskan perjuangan pendahulu mereka dalam membangun masa depan bangsa.

Baca Juga:  Konsisten di Layanan Digital, bank bjb Jadi Indonesia Best Bank Awards 2022

Menteri Agama juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia, tanpa memandang latar belakang, untuk turut merayakan Hari Santri sebagai bagian dari kecintaan terhadap bangsa.