Ika Mardiah Berbagi Best Practice di Seminar Seri III ASKOMPSI 2024

Diskominfo Jabar
Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah, berbagi pengalaman (best practice) dalam sesi sharing hari ke-2 pada Seminar Nasional Seri III Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI), yang berlangsung pada 26-27 September 2024.

Baca Juga:  Dua Pemuda di Garut Nekat Jadi Pengedar Sabu Demi Uang Rp50 Ribu

Dalam paparannya, Ika, yang juga Wakil Ketua Umum ASKOMPSI  menekankan pada apa yang sudah, sedang, dan akan dikerjakan Diskominfo Jabar.

“Apa yang sudah kami lakukan antara lain membangun portal layanan administrasi pemerintahan Smart Jabar dan layanan publik Sapawarga. Kami juga mulai menerapkan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk pengambilan keputusan dan layanan publik. Juga mulai pemanfaatan teknologi blockchain pada sektor pemerintahan untuk meningkatkan keamanan siber,” paparnya.

Baca Juga:  Tak Hanya Ketua RW, Aplikasi Sapawarga Sudah Bisa Digunakan Masyarakat

Menurut Ika, saat ini cyber security atau keamanan ruang siber menjadi perhatian utama Pemda Provinsi Jawa Barat, terlebih setelah kasus peretasan yang terjadi di Pusat Data Nasional (PDN).

Baca Juga:  Gus Menteri Sebut Ada Sisa Anggaran, Akan Digunakan Untuk BLT DD

“Semua yang terhubung ke internet tidak ada yang aman sehingga kita harus meminimalkan atau mencegah risiko peretasan,” ungkap Ika.