IMIFEST 2024: DPRD Kota Bandung Dorong Peningkatan Layanan Paspor di MPP

IMIFEST 2024: DPRD Kota Bandung Dorong Peningkatan Layanan Paspor di MPP
Tedy Rusmawan Usul Penambahan Kuota Pembuatan Paspor di MPP Bandung

 

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan mengapresiasi langkah dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi yang menggelar Festival Imigrasi (IMIFEST) 2024 di Sasana Budaya Ganesa, ITB, Kota Bandung, 22 Juni 2024.

Menurut Tedy Rusmawan, event IMIFEST dapat menjadi sarana sosialisasi serta edukasi terkait kebijakan keimigrasian. Terlebih, pada IMIFEST 2024 petugas imigrasi akan melayani 1.000 pemohon paspor dalam gelaran tahunan ini.

“Tentunya kami dari DPRD Kota Bandung mengapresiasi langkah dari Ditjen Imigrasi ini. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan berbagai informasi ataupun layanan keimigrasian,” kata Tedy.

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Renovasi Rumah Warga

Layanan Paspor Masyarakat di MPP

Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Tedy pun berharap agar kuota layanan paspor di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Bandung dapat terus ditingkatkan. Hal ini diharapkan agar tidak ada tumpukan pemohon di kantor Imigrasi Kota Bandung yang kerap dikeluhkan publik.

“Kami dari DPRD Kota Bandung mendorong agar kuota layanan paspor di MPP itu ditingkatkan jadi untuk saat ini layanan di MPP dibuka setiap hari Selasa dan Kamis saja dengan kuota 25 pemohon perhari. Semoga ke depan jumlah kuota bisa terus ditambah dan dapat meminimalisir antrian di kantor Imigrasi Bandung,” ujarnya.

Baca Juga:  Mayat Wanita Hamil Ditemukan Bersimbah Darah di Kab. Garut

Acara ini tidak hanya melayani 1.000 pemohon paspor, tetapi juga menjadi sarana edukasi dan sosialisasi kebijakan keimigrasian bagi masyarakat.

Selain layanan pembuatan paspor, IMIFEST 2024 juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti:

  • Talkshow: Dua talkshow bertema “Paspor Aman Liburan Nyaman” dan “Membangun Budaya Tertib Keimigrasian” menghadirkan narasumber kompeten dari Ditjen Imigrasi dan pakar terkait.
  • Pameran: Berbagai stand informasi dan pameran produk keimigrasian didirikan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang berbagai layanan dan kebijakan keimigrasian.
  • Konsultasi Keimigrasian: Petugas imigrasi siap memberikan konsultasi dan menjawab pertanyaan masyarakat terkait keimigrasian.
  • Kegiatan Hiburan: Acara dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni dan budaya untuk menghibur para pengunjung.
Baca Juga:  Komisi C: Pemkot Harus Pacu Edukasi Warga Terkait Pemilahan Sampah

Antusiasme masyarakat terhadap IMIFEST 2024 sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang dan mengikuti berbagai kegiatan yang disediakan.(red)