Ini Penyebab Kebakaran di Ponpes Az-Zain Sukabumi, Ternyata…

Ilustrasi kebakaran. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | SUKABUMI – Pondok Pesantren (Ponpes) Az-Zain di Kampung Cibulang Kabupaten Sukabumi terbakar pada Kamis (29/8/2024).

Wakil Komandan Pos (Wadanpos) VI Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (DP3K) Cisaat Kabupaten Sukabumi Dudi Darmawidi mengatakan bahwa kebakaran tersebut akibat korsleting listrik.

Baca Juga:  Incar Geng Motor, Polisi di Sukabumi Bubarkan Tongkrongan Anak Remaja

“Korsleting listrik yang menjadi pemicu kebakaran ponpes yang berada di RT-03/04 Desa Cibulang Kecamatan Caringin itu pada instlasi listrik di pondok laki-laki yang berada di lantai dua, karena api pertama kali muncul dari bangunan tersebut,” kata Dudi.

Dia menjelaskan, meskipun tidak ada korban luka maupun jiwa akibat kebakaran yang terjadi pada pukul 02.10 WIB itu, tetapi pihak yayasan yang menaungi ponpes mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp800 juta. Kemudian, santri yang pondoknya terbakar pada peristiwa ini sudah ditempatkan di ruangan lain.

Baca Juga:  Kerugian Kabupaten Sukabumi Akibat Bencana Selama 2023 Capai Rp9,86 Miliar, Ini Datanya

Dudi menyebut, informasi kebakaran baru diterima pihaknya sekitar 24 menit setelah api mulai menyala dan membesar membakar ponpes. Setelah mendapatkan laporan adanya kebakaran, tim pemadam kebakaran dari Pos VI Cisaat langsung meluncur ke lokasi kejadian dengan mengerahkan satu unit kendaraan pemadam kebakaran.

Baca Juga:  Waduh! Dua Unit Rumah di Cisarua Sukabumi Tertimbun Longsor, Polisi Singgung Soal Gempa Garut