Jelang Hari Pelanggan Nasional, PLN Tambah Infrastruktur Baru di Jawa Barat

PLN Tambah Infrastruktur Baru di Jawa Barat. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa bagian Tengah (UIP JBT) berhasil merampungkan tiga proyek pembangunan infrastruktur kelistrikan di Jawa Barat. Keberhasilan ini ditandai dengan rampungnya proses pemberian tegangan pertama (energize) pada ketiga infrastruktur tersebut.

Adapun ketiga proyek tersebut adalah Rekonduktoring SUTT 150 kV Rancaekek – Sunyaragi (Section 3), SUTT 150 kV Jatigede Incomer Line 1 Arah Gardu Induk 150 kV New Kadipaten dan SUTT 150 kV Jatigede Incomer Line 2 Arah Gardu Induk 150 kV New Sunyaragi. Ketiganya dipastikan akan memperkuat sistem kelistrikan di Jawa Barat dalam memasok kebutuhan listrik pelanggan.

Baca Juga:  Transisi Energi Hijau, Proyek PLTA Jatigede Capai Tahap Sinkronisasi Pertama

Plh General Manager PLN UIP JBT, Achmad Ismail menuturkan seiring meningkatnya pertumbuhan konsumsi listrik, maka PLN juga terus berupaya menjaga kualitas dan keandalan sistem kelistrikan.

Baca Juga:  Unggul Versi Quick Count, Cawalkot Bekasi Rahmat Effendi Langsung Konferensi Pers

Pembangunan SUTT 150 kV Rancaekek – Sunyaragi (Section 3) ini merupakan upaya untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kota Cirebon, Majalengka dan sekitarnya. Selain itu, bertambahnya pembangkit listrik baru di Jawa Barat juga berdampak penyediaan jaringan sistem kelistrikan yang baru.

“Saat ini seperti yang kita tahu bahwa kebutuhan listrik pelanggan terus meningkat, maka dari itu adalah kewajiban bagi PLN untuk juga memperkuat jaringan kelistrikan agar listrik yang dikonsumsi pelanggan adalah listrik yang berkualitas. Selain itu, adanya pembangkit baru seperti PLTA Jatigede juga membutuhkan transmisi untuk mengevakuasi dayanya,” kata Ismail dalam keterangan yang diterima, Sabtu (31/8/2024).

Baca Juga:  Eti: Diharapkan Warga Manfaatkan Pasar Murah